SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI............... ANDA DAPAT MEMBACA DAN BERBAGI DISINI....

Minggu, 10 November 2013

FASILITAS ANAK TUNARUNGU DALAM PENDIDIKAN

Fasilitas anak tunarungu secara umum relatif sama dengan anak normal, seperti papan tulis, buku, buku pelajaran,alat tulis, sarana bermain dan olahraga. Oleh karena anak tunarngu mempunyai hambatan dalam mendengar dan berbicara, maka mereka memerlukan alat bantu khusus, antara lain :
1.       Audiometer
Adalah alat elektronik untuk mengukur taraf kehilangan pendengaran seseorang. Melalui audiometer, kita dapat mengetahui kondisi pendengaran anak tunarungua, antar lain :
1.      Apakah sisa pendengarannya di fungsionalkan melaui konduksi tulang atau konduksi udara.
2.      Berapa desibel anak tersebut kehilangan pendengarannya
3.      Telinga mana yang mengalami kehilangan pendengaran, apakah telinga kiri, kanan, atau keduanya
4.      Pada frekuensi berapa anak masih dapat menerima suara
Ada 2 jenis audiometer, yaitu audiometer oktaf ( untuk mengukur frekuensi pendengaran : 125 – 250 – 500 – 1000 – 2000 – 4000 – 8000 Hz) dan audiometer kontinyu ( mengukur pendengaran 25 – 1200 Hz)

2.       Hearing Aid
Merupakan alat bantu dengar yang mempunyai 3 unsur utama yaitu : microphone, amlifier, dan receiver. Anak tunarungu yang menggunakan alat bantu dengar diharapkan mampu memilih suara mana yang diperlukan dan mana bantuan mimik serta gerak bibir dari guru ( speech therapist ), maka anak tunarungu dapat berlatih menangkap arti dari apa yang di ucapkan guru dan orang lain.
3.      Telephone Typewriter
Yaitu mesin telepon yang merupakan alat bantu anak tunarungu yang memungkinkan mereka mengubah pesan diketik menjadi tanda-tanda elektronik yang diterjemahkan secara tertulis.
4.       Mikro Komputer
Yaitu alat bantu khusus yang dapat memberikan informasi secara visual. Alat bantu ini sangat membantu anak tunarungu yang mengalami kelainan pendengaran berat. Keefektifan alat ini tergantung pada software dan materinya harus dapat dimengerti oleh anak tunarungu. Manfaat dari penggunaan mikro komputer adalah :
1.      Anak tunarungu dapat belajar mandiri, bebas tetapi bertanggung jawab
2.      Anak tunarungu dapat mengembangkan kreatifitas berfikir dengan mikro computer
3.      Anak tunarungu dapat berkomunikasi interaktif dengan informasi yang ada dalam program mikro komputer
5.       Audio Visual
Audiovisual dapat berupa fil, vidio-tapes, tv. Penggunaan audiovisual tersebut sangat bermanfaat bagi anak tunarungu, karena mereka dapat memperhatikan sesuatu yang di tampilkan sekalipun dalam kemampuan mendengar yang terbatas.
6.        Spatel
Spatel adalah alat bantu untuk  membetulkan posisi organ bicara, terutama lidah. Alat ini digunakan untuk menekan lidah, sehingga posisi lidah anak tunarungu benar ketika mereka berbicara.
7.      Cermin
Cermin dapat digunakan sebagai alat bantu tunarungu dalam belajar mengucapkan sesuatu dengan artikulasi yang benar. Disamping itu, anak tunarungu dapat menyamakan ucapannya melalui cermin dengan  apa yang diucapkan oleh guru atau artikulator. Dengan itu, artikulator dapat mengontrol gerakan yang tidak tepat dari anak tunarngu, sehingga mereka menyadari dalam mengucapkan konsonan, vokal, kata-kata, kalimat secara benar.

1 komentar:

  1. tampilan blog sudah cukup menarik, isi artikel mudah untuk dibaca :)

    BalasHapus